Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Peristiwa Besar di Hari Selasa


Inilah tujuh peristiwa besar di hari selasa :

1. Pembunuhan Nabi Jarjis As.

Pada jaman dulu, ada seorang raja penyembah berhala. Suatu hari ia meletakkan berhala diatas ranjang serta menghiasinya dengan permata dan perhiasan lainnya, ia juga memakaikan miski sebagai wangi-wangian. Di dekat ranjang ia nyalakan api yang membara. Barangsiapa yang bersujud pada berhala itu, ia lepaskan. Barangsiapa yang membangkang maka ia campakkan dalam api.

Allah Swt. Mengutus Nabi Jarjis As. Kepada raja itu, untuk mengajaknya kepada jalan Allah Swt.. Nabi Jarjis As. Berkata: “Mengapa kamu menyembah sesuatu yang tidak bisa mendengar, melihat, dan selalu membutuhkan kepadamu?”. Raja itu menjawab: “Sesungguhnya harta, kekuasaan dan nikmat bersamaku tak terhingga semenjak aku menyembah berhala. Maka dimana hasil ibadahmu kepada tuhanmu?”. Nabi Jarjis menjawab: “Kenikmatan dunia akan hilang, Allah yang maha tinggi meberiku nikmat Akhirat dalam syurga”. Terjadilah perdebatan panjang antara keduanya sehingga Raja memerintahkan agar Nabi Jarjis dibunuh. Berbagai cara dan azab harus diterima oleh Nabi Jarjis dari raja yang kejam, namun semua itu tidak membinasakannya karena lindungan Allah Swt. 

Singkat cerita, Isteri raja masuk islam karena melihat Mu’jizat nabi jarjis, ia mengajak seluruh masyarakat memeluk Islam, namun Raja memerintahkan agar ia dibunuh. Melihat kejadian itu, Nabi jarjis bermunajah kepada Allah Swt.: “Ya Allah, Aku telah menahan siksa kafir sejak tujuh puluh tahu, maka tiada tersisa kekuatan bagiku hari ini, maka rizkikan daku Syahadah dan turunkah azab yang berat kepada mereka.” Setelah Beliau bermunajah, api pun turun dari langit. ketika api itu mendekat, mereka lebih dulu membunuh Nabi Jarjis dengan pedang, dan akhirnya mereka pun mati tiada tersisa karena dahsyatnya api itu. Kejadian itu terjadi pada hari selasa.

2. Pembunuhan Nabi Yahya As.

Ada seorang raja pada masa bani Israil, ia punya isteri yang telah melahirkan anak perempuan sebelum kawin dengan raja. Si Isteri ingin mengawinkan anaknya dengan raja yang telah menjadi suaminya. Ia membuat acara pesta dan mengundang Nabi Yahya As.. Ia juga memohon restu Nabi Yahya untuk melangsungkan hajatnya itu, namun Nabi Yahya berkata: “Ini haram dalam islam.” Kemudian Nabi Yahya berlalu dari hadapan isteri raja. Maka Isteri raja sangat marah kepada sang Nabi As.. Ia berencana membunuh Nabi Yahya As.. Untuk memuluskan rencananya, ia memberi minuman keras kepada raja, kemudian ia menghadirkan anaknya ke hadapan raja setelah disolek dan dipakaikan perhiasan indah. Ia berkata kepada Raja: “Sesungguhnya Yahya tidak setuju aku mengawinkan anakku denganmu.” Maka raja menghadirkan Nabi Yahya As. Kehadapannya, kemudian raja bertanya: “Apa pendapatmu mengenai hal ini?.” Nabi Yahya menjawab: “Ini haram dalam Islam.” Maka raja memerintahkan agar Nabi Yahya As. dibunuh. Pembunuhan pun terjadi, sehingga membuat para malaikat menangis dan bertanya kepada Allah Swt.: “Ya Tuhanku, dosa apa yang dikerjakan Yahya As. sehingga ia dibunuh?.” Allah Swt menjawab: “Yahya As. tidak melakukan dosa, dan tidaklah mereka (para Nabi) melakukan dosa sama sekali, tetapi ia mencintaiku, dan Aku mencintainya. Untuk cinta pembunuhan ini harus terjadi.” 

3. Pembunuhan Nabi Zakariya As.

Nabi Zakariya As. dikejar oleh yahudi, ketika yahudi mendekat, beliau melihat sebatang pohon, maka beliau meminta pada pohon itu untuk bersatu dengannya, maka pohon itu terbelah dan beliau masuk kedalamnya. Yahudi kehilangan jejak dan tidak menemukan Nabi Zakariya, namun si iblis datang dan memberitahukan bahwa Nabi zakariya telah menyatu dengan pohon. Yahudi langsung mengambil gergaji dan membelah pohon itu menjadi dua bagian. Ketika gergaji mencapai kepala, beliau berteriak sehingga terjadi gempa yang menggoyangkan langit, namun Jibril As. turun menjumpai Nabi Zakariya dan berkata: “Sesungguhnya Allah berkata, jika engkau mengatakan aduh sekali lagi, namamu akan dicoret dari Daftar Ambiya.”

4. Kematian Para Penyihir Fir’aun

Hal ini terjadi karena penyihir fir’aun berkata: “Kami beriman dengan Tuhan sekalian Alam, yaitu tuhan Musa dan Harun. Fir’aun berkata: “sungguh aku akan memotong tangan dan kaki kalian secara selang-seling.” Namu para penyihir tetap teguh dan istiqamah dalam iman. Maka fir’au memotong tangan dan kaki mereka serta menyula mereka dengan pelepah kurma.

5. Wafat Asiah (Isteri Fir’aun)

Asiah As. menyembunyikan keimanannya selama 60 tahun. Ketika fir’aun tahu bahwa isterinya seorang muslimah, ia menyiksanya dengan berbagai siksaan. Fir’aun berkata: “Murtadlah!!!”, namun Asiah tidak mahu mengikuti keinginan suaminya, maka Fir’aun mengambil empat pasak dan memukulkannya di anggota tubuh Asiah Ra.

6. Penyembelihan Lembu Bani Israil

Ceritanya ada adik abang yang sangat fakir, namun mereka punya paman yang kaya. Paman itu tidak punya pewaris selain mereka. Mereka membunuh pamannya supaya cepat mendapatkan warisan, mayat pamannya dibuang diantara dua kampung bani Israil.  Maka penduduk dua kampung itu bertikai (karena saling menuduh). Kemudian mereka mendatangi Nabi Musa meminta petunjuk tentang pembunuh tersebut. Musa As. berkata: “Sesungguhnya Allah Swt. memerintahkan kalian menyembelih Lembu.” Mereka tidak menyembelihnya padahal mereka sudah bertanya dengan detail tentang kriteria lembu. Namun akhirnya mereka pun pasrah dan menyembelih sapi itu, sedangkan mereka sudah sempat berpikir untuk lari dan tidak melaksanakan pekerjaan ini.  Allah Swt memerintahkan  Nabi Musa As. untuk memukul korban dengan lidah lembu, maka ia hidup dengan kekuasaan Allah dan berkata: “Aku dibunuh oleh anak saudaraku”.

7. Pembunuhan Habil

Allah Swt. mewahyukan kepada Nabi adam untuk mengawinkan Damima dengan Qabil dan Iqlima dengan Habil, namun Qabil tidak setuju, ia berkata: “Adikku lebih cantik, maka aku tidak akan menukarnya”. Nabi Adam As. berkata: “Wahai anakku, jangan membangkang perintah Allah Swt.. Qabil menjawab: “Allah tidak memerintahkan ini, tapi engkau menyukai Habil sehingga engkau ingin mengawinkannya dengan anakmu yang paling cantik”. Adam As. berkata: “Pergilah kalian, dan mintalah hukum daripada Allah Swt. dengan menyediakan Kurban, maka barangsiapa yang diterima kurbannya berarti ia lebih berhak.” Qabil adalah petani, maka ia membawa hasil panen sebagai kurban, sedangkan Habil adalah pengembala, maka ia membawa kibas sebagai kurban. Kedua kurban tersebut diletakkan di bukit mina, mereka kemudian berkata: “Wahai tuhan kami, terimalah dari kami.”. Maka Allah menurunkan Api tanpa asap seperti bentuk burung (bersayap). Api itu membakar kurban Habil, dan tidak peduli dengan kurban Qabil. Ini pertanda kurban habil diterima, tapi tidak dengan kurban Qabil. Maka Qabil berencana membunuh Habil. Singkat cerita, ketika Qabil mendapati Habil tidur dekat kambingnya, ia mengangkat batu dan menjatuhkan atas kepala Habil, maka ia pun Wafat. Kejadian ini terjadi pada hari selasa.

Post a Comment for "7 Peristiwa Besar di Hari Selasa"