Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Peristiwa Besar di Hari Ahad (Minggu)

7 Peristiwa Besar di Hari Minggu

Berikut ini
 tujuh peristiwa penciptaan di hari Ahad. selamat membaca dan semoga bermanfaat.


1. Penciptaan Falak (Orbit)

Begitulah tertulis dalam kitab as-Sab'atu fi Mawa'idhi al-Bariyat, bahwa falak (orbit) diciptakan pada hari minggu. Namun disini tidak dicantumkan dalil yang jelas tentang teori ini.

2. Penciptaan Bintang

Bintang yang dimaksud disini termasuk bulan dan matahari. Bintang-bintang yang besar ada 7, yaitu: Zuhal (saturnus), al-Musytari (Jupiter), al-Marikh (mars), asy-Syams (matahari), az-Zuhrah (Venus), Utharid (Mercury), al-Qamar (bulan).

3. Penciptaan Neraka

 Allah Menciptakan Neraka pada hari Ahad. Neraka itu tujuh pintu

4. Penciptaan Bumi

Pada hari Minggu diciptakan tujuh lapis bumi. Pada lapisan ketujuh ada malaikat, lapisan keenam ada Iblis Laknatullah, lapisan kelima ada syaithan, lapisan keempat ada Ular, lapisan ketiga ada kala, lapisan kedua ada Jin, dan lapisan pertama ada manusia.

5. Penciptaan Tujuh Laut

Laut yang pertama disebut Tharsatan, yang kedua Karman, yang ketiga 'Amman (oman), yang keempat Falzam,yang kelima laut Hindustan, yang keenam laut Rum (roma), yang ketujuh laut maghrib.

6. Penciptaan Tujuh Organ tubuh Nabi Adam

Yaitu: dua tangan, dua kaki, dua lutut, dan wajah. 

7. Penciptaan Hari

Allah menciptakan hari Ahad (minggu), Isnain (senin), tsulasa' (selasa), arbi'a' (rabu) Khamis (kamis), jum'ah (jum'at) dan sabt (sabtu) pada hari Ahad. Hari ahad adalah kata lain dari hari pertama, jadi tidak perlu ditanyakan "bagaimana mungkin Allah menciptakan Ahad pada hari Ahad?, sedangkan saat diciptakan Ahad, hari Ahad itu belum ada".

Wallahu A'lam

(Sumber: Kitab as-Sab'atu fi Mawa'idhi al-Bariyat, Syaikh Ahmadi bin Syaikh Hijazi, hal. 28-38)

1 comment for "7 Peristiwa Besar di Hari Ahad (Minggu)"